Jumat, 07 Januari 2011

Pengertian Dan Fungsi OS


Sistem Operasi disebut juga Platform Software yang terdiri dari program utama dan program Low-Level yang mengatur operasi dasar komputer. Kumpulan program ini menyediakan layanan kontrol terhadap sumber daya komputer.

Secara khusus, sistem operasi menangani kontrol dan penggunaan sumber daya perangkat keras, seperi disc-room, memory, processor, dan perangkat tambahan lain, seperti mouse, printer, dan lain-lain.
Sebenarnya, apa saja sih fungsi OS ini? Bisa terbayangkan bukan kalau OS ini pasti memiliki fungsi yang banyak, karena tanpa adanya OS dalam sebuah komputer, maka komputer tersebut sampai kita jungkir-balikpun tidak akan dapat beroperasi sebagaimana semestinya.

Secara dasar, Sistem Operasi melakukan tugas seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar monitor, melacak file dan mengendalikan perangkat-perangkat yang berhubungan dengan komputer.

Pengertian Dan Fungsi Sistem Operasi (OS)
Secara lebih detail, fungsi-fungsi dari OS meliputi:
  1. Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
  2. Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
  3. Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
  4. Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
  5. Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
  6. Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.
  7. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
  8. Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

Secara garis besar, fungsi utama dari sistem operasi adalah sebagai suatu sistem yang digunakan untuk mengarahkan dan mengatur kinerja dari sebuah komputer, menyelesaikan berbagai masalah-masalah dalam komputer, dan menjaga bagian-bagian dari sistem agar tetap aman.

Selain itu, OS juga menentukan program mana yang akan digunakan dalam mengerjakan tugas-tugas, terutama yang berkaitan dengan pengenalan terhadap komponen-komponen sistem komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar